Blogroll

Biology Olympiad Science Festival and Research

panelarrow

OLIMPIADE BIOLOGI SE-JAWA TENGAH DAN JAWA BARAT DAN LOMBA KARYA HASIL PENELITIAN TINGKAT NASIONAL

Senin, 05 Mei 2014

apa itu BIOSFER?

Unit Penelitian Ilmiah Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (UPI Fabio Unsoed) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang keilmiahan dan penelitian di lingkungan Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman. UPI Fabio Unsoed banyak menyelenggarakan kegiatan yang bergerak di bidang penalaran dan keilmiahan, tidak hanya di lingkup Fakultas dan Universitas bahkan lingkup masyarakat luas. Salah satunya yaitu kegiatan tahunan berupa Lomba Karya Hasil Penelitian (LKHP) tingkat SMA/sederajat se-Jawa Tengah yang diselenggarakan sejak tahun 2003. Bahkan pada tahun 2005, UPI Fabio Unsoed dipercaya oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat Unsoed untuk menyelenggarakan Olimpiade Biologi tingkat SMA/sederajat se-Jawa Tengah dan dalam rangka memperingati Dies Natalis Unsoed. Pada tahun 2008 dan 2009, UPI Fabio Unsoed telah menyelenggarakan Olimpiade Biologi dan LKTIR tingkat Jawa Tengah. Sedangkan pada tahun 2010, UPI Fabio Unsoed telah menyelenggarakan Kompetisi Ilmiah Remaja se-Barlingmascakeb dengan bentuk kegiatan berupa Olimpiade Biologi dan Lomba Karya Hasil Penelitian (LKHP) yang mengusung tema pelestarian ekosistem. Pada tahun 2011, UPI Fabio Unsoed telah menyelenggarakan Central Java Science Competition 3rd dengan bentuk kegiatan Olimpiade Biologi dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja (LKTIR) se-Jawa Tengah. Kemudian tahun 2012, UPI Fabio Unsoed juga telah menyelenggarakan Central Java Science Competition 4th dengan bentuk kegiatan Olimpiade Biologi dan Lomba Karya Hasil Penelitian (LKHP) se-Jawa Tengah dengan tema konservasi. Belajar dari pengalaman, UPI Fabio Unsoed selalu berusaha untuk memperbaiki diri sehingga kualitas penyelenggaraan dari kegiatan ini semakin meningkat setiap tahunnya.
Tahun 2013, UPI Fabio Unsoed kembali menyelenggarakan Central Java Science Competition 5th dengan bentuk kegiatan Olimpiade Biologi dan Lomba Karya Hasil Penelitian (LKHP) se-Jawa Tengah dengan mengangkat tema kegiatan Meningkatkan Kreativitas, Inovasi dan Daya Saing Ilmiah Generasi Muda. Diharapkan dengan memilih tema tersebut pelajar SMA/sederajat yang berwawasan luas dapat mengeksplor kemampuan dan bakat yang dimilikinya sehingga mampu bersaing dalam kegiatan yang bersifat ilmiah dengan mengikuti kegiatan Olimpiade Biologi dan LKHP se-Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh UPI Fabio Unsoed yaitu Central Java Science Competition 5th.


Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2014 UPI Fabio UNSOED akan menyelenggarakan lomba yang serupa dengan mengusung nama BIOSFER 1stBiology Olympiad Science Festival and Research”. Adapun perubahan nama dari tahun sebelumnya dikarenakan tahun ini UPI Fabio UNSOED meningkatkan cakupan wilayah yang diikutsertakan. Kegiatan Olimpiade Biologi pada tahun ini mencakup wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat sedangkan Lomba Karya Hasil Penelitian pada tahun ini mencakup Nasional. BIOSFER 1st yang digagas UPI Fabio UNSOED tahun ini mengangkat tema Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Ilmiah Generasi Muda Indonesia Melalui Pengembangan Sains”. Berdasarkan tema tersebut diharapkan Indonesia memiliki Sumber Daya Manusia yang lebih produktif dan berdaya saing ilmiah tinggi, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan generasi muda pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Adapun tema Lomba Karya Hasil Penelitian yaitu “Pengembangan Sumber Daya Alam sebagai upaya konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan secara inovatif, aplikatif dan terbarukan”. Berdasarkan tema tersebut, diharapkan generasi muda dapat memberikan inovasi-inovasi dan menerapkannya dalam upaya konservasi. Hal tersebut bertujuan untuk pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Oleh karena itu, BIOSFER hadir sebagai salah satu wadah pengembangan daya fikir siswa/i SMA dalam pengembangan sumber daya alam di Indonesia. 

Setelah sukses menyelenggarakan Biosfer 1st dan Biosfer 2nd pada tahun 2014 dan 2015, pada tahun 2016 Biosfer kembali lagi dengan mengambil  tema Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Ilmiah Generasi Muda Indonesia Melalui Pengembangan Sains” sebagai sarana pelajar SMA/sederajat dalam mengaktualisasikan diri yaitu dengan mengadakan kegiatan yang mampu mewadahi ide-ide kreatif mereka yang diwujudkan dalam bentuk karya tulis ilmiah tingkat nasional yang bertema khusus “Aplikasi Sains Sebagai Langkah Strategis Mewujudkan Green Economic Indonesia”.  Kegiatan Olimpiade Biologi pada tahun ini mencakup wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Social Network

               

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © BIOSFER UNSOED | Powered by Blogger
Design by AnarielDesign | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com