Blogroll

Biology Olympiad Science Festival and Research

panelarrow

OLIMPIADE BIOLOGI SE-JAWA TENGAH DAN JAWA BARAT DAN LOMBA KARYA HASIL PENELITIAN TINGKAT NASIONAL

Senin, 05 Mei 2014

Tanamkan Jiwa Biologi Sejak Dini Fakultas Biologi Menggelar Olimpiade Biologi dan LKHP

Sabtu, 22/9 Fakultas Biologi Unsoed melalui UKM Unit Penelitian Ilmiah (UPI) yang menggelar Olimpiade Biologi dan Lomba Karya Hasil Penelitian (LKHP) tingkat SMA se-Jawa Tengah. Acara bertajuk Central Java Science Competitionini menghadirkan 94 delegasi yang tersiri dari 52 peserta Olimpiade Biologi dan 42 tim LKHP. Gelaran yang mengangkat tema Realisai Generasi Ilmiah yang Kreatif, Komprehensif dan Kompetitif. Melalui kegiatan ini diharapkan munculscientist-scientist muda yang dapat mengeksplor bakat dan kemampuannya untuk mampu menjawab permasalahan global yang semakin kompleks. Selama dua hari ratusan siswa dari berbagai penjuru Jawa Tengah akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dalam ajang bergengsi ini.
Acara dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor III Unsoed, Dr. Imam Santoso, MSc. Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa saat ini Universitas Jenderal Soedirman telah turut serta membangun peradapan yang positif dengan menanamkan prinsip keterbukaan secara ilmiah. “Kegiatan ini adalah salah satu upaya membentuk peradapan yang “adiluhung” dengan membentuk generasi muda yang mempunyai pribadi yang kuat dan kemampuan ilmiah yang tinggi” ungkap beliau.
Olimpiade ini digelar sebagai salah satu sumbangsih Fakultas Biologi untuk mendukung visi, misi, dan tujuan pendidikan nasional. Melalui gelaran ini diharapkan akan lahir insan yang cerdas baik cerdas secara intelektual, emosional, sosial, spiritual dan kinestetik. Disamping itu kompetisi ini juga akan membangun pribadi yang terampil baik secara hard skill maupun soft skill.
Mewakili Pimpinan Pembantu Dekan III Fakultas Biologi Unsoed Dr. Agus Nuryanto, S.Si., M.Si. menegaskan bahwa kegiatan ini akan manjadi jawaban atas permintaan stake holder. Salah satu temuan dan saran dari stake holder adalah adanya forum mitra diskusi dan tambahan ilmu diluar kurikulum sekolah untuk lebih meningkatkan kualitas dan kompetensi siswa terutama dibidang biologi. “Atas dasar itulah Fakultas Biologi memberikan ruang seluas-luasnya bagi siswa SMP maupun SMA untuk belajar lebih banyak di kampus kita ini, salah satunya adalah dengan digelarnya olimpiade biologi kali ini.” Tandas beliau. . Fakultas Biologi terus mendorong dan memberi ruang yang luas kepada mahasiswa untuk menggelar berbagai kegiatan untuk menumbuhkan sikap ilmiah merangsang daya kreasi dan inovasi, meningkatkan kerjas sama dalam tim. “Itu adalah bagian komitmen kami untuk melahirkan generasi muda yang siap memenangkan kompetisi serta membangun negeri ini.” Imbuh beliau
Central Java Science Competition 4th 2012 digelar sebagai bukti eksesistensi UPI dalam ikut memberikan wadah bagi ide-ide kreatif dan inovatif dikalangan pelajar SMA/sederajat dalam mengatasi permasalahan bangsa. Acara ini dapat dijadikan ukuran seberapa besarkemampuan pelajar SMA/sederajat dalam bidang Biologi dan Ilmu Pengetahuan. Hal paling utama adalah untuk menumbuhkan minatdan bakat dalam penalaran dan keilmiahan khususnya bidang biologi dan karya hasil penelitian.
Pelaksananaan olimpiade digelar dalam tiga babak, yaitu penyisihan, semifinal dan partai final. Dalam dua babak awal peserta hanya di berikan soal secara tertulis, sedangkan dalam babak final yang digelar hari minggu, peserta diwajibkan menyelesaikan soal tertulis dan praktikum. Dalam kompetisi LKHP sebanyak 42 tim akan mepresentasikan hasil penelitiannya selama 30 menit. Selain dua kegiatan utama rangkaian acara ini akan di lengkapi dengan expo hasil penenilian peserta LKHP dan beberapa kegiatan PKM mahaiswa.
Setelah dua hari bersaing secara ketat Budhgi Utami siswi SMA N 2 Purwokjerto behasil meraih prestasi tertinggi dalam Olimpiade Biologi. Sedangn tim dari MAN Kroya Cilacap berhasil menyabet gelar tertinggi kompetisi LKHP tahun ini. Tim yang beranggotakan 3 orang ini mengusung judul Perbandingan Efektivitas Minyak Biji Bintaro (Cebera manghas L.) dengan minyak biji nyamplung (Calophyllum inophyllum L.) Sebagai Bahan Bakar Nabati Yang Ramah Lingkungan.
Selama dua hari berpesta para calon ilmuwan muda ini telah memberi bukti kepada kepada khlayak bahwa mereka mampu berbicara banyak dan berguna bagi negeri ini.  Meraka hanya butuh kesempatan dan dukungan dari berbagai pihak ntuk berkembang dan maju. Selamat berjuang calon biolog muda,  kami tunggu catatan tinta emasmu untuk negeri ini. Maju Terus Pantang Menyerah!. (ES/Ebet)

0 komentar:

Posting Komentar

Social Network

               

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © BIOSFER UNSOED | Powered by Blogger
Design by AnarielDesign | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com